Kapal Vietnam Hentikan Kapal TNI, Yang di Anggap langgar Laut Natuna

Kapal Vietnam Hentikan Kapal TNI, Yang di Anggap langgar Laut Natuna



Mixberita.com – Rekaman video yang beredar dari awal insiden yang terjadi antara kapal berbendera Vietnam menabrak lambung Angkatan Laut Indonesia KRI Tjiptadi-381. Markas Komando Armada I Angkatan Laut Indonesia memberikan pernyataan resmi bahwa insiden itu benar-benar terjadi. Kapal Vietnam Hentikan Kapal TNI, yang dianggap sebagai pelanggaran Laut Natuna

Kepala Badan Informasi Komando Armada Angkatan Laut Indonesia Letnan Kolonel (P) Agung Nugroho, seperti dikutip Antara, Senin (29/4) mengakui bahwa tindakan kapal berbendera Vietnam menabrak kapal adalah bentuk provokasi .

Agung menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi pada Sabtu (27/4) pukul 14:45 WIB di Laut Natuna Utara, yang merupakan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEE).

http://kartuhoki88.net

"KRI Tjiptadi-381 sedang melakukan operasi penegakan hukum terhadap kapal-kapal penangkap ikan berbendera asing dari Vietnam dengan nomor lambung BD 979," kata Agung.

Kapal itu ditangkap mencuri ikan di perairan Natuna. Komandan KRI Tjiptadi kemudian menangkap kapal penangkap ikan berbendera Vietnam itu.

Namun, kapal penangkap ikan itu tampaknya dikawal oleh kapal Pengawas Perikanan Vietnam, dan pengawalnya mencoba memblokir personil Angkatan Laut di KRI Tjiptadi-381. Kapal memprovokasi untuk menabrakkan tubuhnya ke KRI Tjiptadi-381.

Agung mengatakan bahwa lokasi kejadian berada di wilayah ZEE nasional, sehingga tindakan penangkapan kapal penangkap ikan ilegal oleh KRI Tjiptadi-38 adalah benar dan sesuai prosedur. Tetapi di sisi lain, orang Vietnam juga mengklaim bahwa daerah itu adalah wilayah perairan.

http://kartugila88.net

Tidak hanya menabrak KRI Tjiptadi-381, kapal pengawas Vietnam juga secara tidak sengaja menabrak kapal ilegal dengan nomor 97 BD 979 sedang ditangguhkan oleh KRI Tjiptadi-381. Akibatnya, kapal penangkap ikan ilegal Vietnam bocor dan tenggelam.

Menurut Agung, tindakan KRI Tjiptadi-381 tertahan dan tidak terprovokasi oleh provokasi Vietnam. Untuk meminimalkan ketegangan atau insiden yang lebih buruk antara kedua negara, insiden / insiden akan diselesaikan melalui saluran resmi antara pemerintah kedua negara, Indonesia dan Vietnam.

Sementara 12 dari 12 kapal penangkap ikan ilegal dari Vietnam ditangkap dan dibawa ke dek KRI Tjiptadi-381. Tetapi dua anggota awak yang berada di kapal penangkap ikan berhasil melompat ke laut dan dibantu oleh salah satu kapal Pengawas Perikanan Vietnam.

"Kemudian 12 kapal penangkap ikan ilegal Vietnam diambil dan akan diserahkan ke Pangkalan Angkatan Laut Indonesia untuk proses hukum berikutnya," kata Agung.

http://mixbola88.net
Pos Kapal Vietnam Hentikan Kapal TNI, Apa yang diasumsikan oleh Natuna Sea Break ditunjukkan sebelumnya dalam Berita PANAS & HEBOH Terbaru. .



Source link

Related posts

Leave a Comment